Rabu, 17 September 2008

Foto STEKPI











Tentang Sistem Pemrosesan Transaksi/Transaction Process System (TPS)

Dalam menganalisis struktur pengawasan intern yang berkaitan dengan siklus
pendapatan dan siklus pengeluaran, yang akan dibahas terdiri dari:
A. Siklus-siklus pemrosesan transaksi, terdiri dari 4 kelompok yaitu;
1. Siklus pendapatan
2. Siklus pengeluaran
3. Siklus produksi
4. Siklus keuangan.
B. Komponen-komponen sistem pemrosesan transaksi, terdiri dari;
1. Masukan
2. Penyimpanan
3. Keluaran


Konsep siklus pemrosesan transaksi menyarankan bahwa arus transaksi
operasional dapat dikelompokkan dalam empat siklus aktivitas bisnis yaitu;
1. Siklus pendapatan; kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian
barang dan jasa-jasa kepada pihak lain dan penagihan pembayaran yang
berkaitan.
2. Siklus pengeluaran; kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang
dan jasa-jasa dari pihak lain dan penetapan kewajiban yang berkaitan.
3. Siklus produksi; kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan
sumberdaya menjadi barang dan jasa-jasa.
4. Siklus keuangan; kejadian-kejadian yang berikaitan dengan perolehan dan
manajemen dana modal, termasuk kas.
Komponen-komponen dasar dari sistem pemrosesan transaksi mencakup:
-masukan
-penyimpanan
-keluaran
Komponen atau elemen-elemen in; merupakan bagian dari sistem manual ataupun
komputerisasi dengan kata lain dapat digambarkan sebagai berikut:
-Masukan: merupakan awal dimulainya proses informasi yang bahan mentahnya
terdiri dari dokumen-dokumen sumber, seperti order pelanggan, slip-slip
penjualan, faktur, order pembelian dan kartu jam kerja karyawan dengan tujuan
menangkap, membantu operasi pengkomunikasian data atau pengotorisasian
operasi lainnya dalam proses dan menstandardkan operasi dengan menunjukkan
data apa yang membutuhkan pencatatan dan tindakan apa yang harus diambil
serta menyediakan file permanen untuk analisis masa datang.
-Penyimpanan meliputi pemrosesan penggunaan jurnal yaitu jumal penjualan,
jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas dan register
untuk menyediakan catatan masukan yang permanen dan kronologis baik
dengan manual maupun dengan menggunakan sistem yang terkompputerisasi.
Penyimpanan disediakan dalam buku besar dan file-file merupakan kumpulan
data yang terorganisasi untuk menghasilkan neraca saldo sehingga dapat
menguji keakuratan dengan catatan sebelumnya.
- Keluaran (output) adalah produk dari sistem informasi yang dibentuk merupakan
informasi yang berguna bagi para pemakainya dapat berbentuk soft copy
misalnya video display maupun hard copy misalnya media kertas berupa laporan
formal yang paling dominan dalam sistem informasi akuntansi

Sumber: http://digilib.usu.ac.id/download/fe/akuntansi-siti%20mirhani2.pdf

Tentang Sistem Pemrosesan Transaksi/Transaction Process System (TPS)

Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing Sytems-TPS).
TPS merupakan hasil perkembangan dari pembentukan kantor elektronik, dimana sebagian dari pekerjaan rutin diotomatisasi termasuk untuk pemrosesan transaksi. Pada TPS, data yang dimasukkan merupakan data-data transaksi yang terjadi.

Transaction Processing Systems (TPS)Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.
Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual.Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lilngkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di perusahaan mereka. Dimana hal ini sangat peting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa interupsi sama sekali.
Transaction processing systems (TPS) berkembang dari sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik (electronic data processing systems). Transaction processing systems mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan/inventori. Transaction processing systems menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh SIM.

Sumber: santiw.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7691/Pengantar_Sistem_Informasi.doc

Tentang Decision Support Systems

Pengertian DSS (1)
Disingkat dengan DSS. Sistem Pendukung Keputusan. Sistem informasi atau model analisis yang dirancang untuk membantu para pemengambil keputusan dan para profesional agar mendapatkan data yang akurat berdasarkan data yang ada.
Sumber: http://www.total.or.id/info.php?kk=Decision%20Support%20System

PENGERTIAN DSS (2)
merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan). Sistem informasi sangat penting untuk mendukung proses pengambilan keputusan . Dimana system informasi mempunyai tujuan untuk mendukung sebuah aplikasi Decision Support System (DSS) yang telah dikembangkan pada tahun 1970. Keefektifan dalam mengembangkan DSS diperlukan suatu pemahaman tentang bagaimana system informasi ini dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sehingga DSS ini dapat membantu seorang manajer dalam meningkatkan kinerjanya dalam mengambil suatu keputusan.Hal yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa keberadaan DSS bukan untuk menggantikan tugas-tugas manajer, tetapi untuk menjadi sarana penunjang (tools) bagi mereka. DSS sebenarnya merupakan implementasi teori-teori pengambilan keputusan yang telah diperkenalkan oleh ilmu-ilmu seperti operation research dan management science. Hanya bedanya adalah bahwa jika dahulu untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapi harus dilakukan perhitungan iterasi secara manual (biasanya untuk mencari nilai minimum, maksimum, atau optimum), saat ini komputer PC telah menawarkan kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang sama dalam waktu relatif singkat. Dalam kedua bidang ilmu di atas, dikenal istilah decision modeling, decision theory, dan decision analysis - yang pada hakekatnya adalah merepresentasikan permasalaha dan manaje-men yang dihadapi setiap hari ke dalam bentuk kuantitatif (misalnya dalam bentuk model matematika). Contoh-contoh klasik dari persoalan dalam bidang ini adalah linear programming, game's theory, transportation problem, inventory system, decision tree, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak problem klasik yang kerap dijumpai dalam aktivitas bisnis perusahaan sehari-hari, sebagian dapat dengan mudah disimulasikan dan diselesaikan dengan menggunakan formula atau rumus-rumus sederhana. Tetapi banyak pula masalahan yang ada sangat rumit sehingga membutuhkan kecanggihan komputer. Decision Support System ( DSS ) merupakan progresi alamiah dari system pelaporan informasi dan system pemrosesan transaksi. DSS bersifat interaktif, system informasi yang berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan secara khusus menggunakan database untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajer dan pengguna akhir Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus dan output dari model matematika dan sistem pakar.Sprague dan Carlson mendefinisikan DSS dengan cukup baik, sebagai sistem yang memiliki lima karakteristik utama (Sprague et.al., 1993):1) Sistem yang berbasis komputer;2) Dipergunakan untuk membantu para pengambil keputusan;3) Untuk memecahkan masalah-masalah rumit yang "mustahil" dilakukan dengan kalkulasi manual;4) Melalui cara simulasi yang interaktif;5) Dimana data dan model analisis sebagai komponen utama.Karakteristik 4 dan 5 merupakan fasilitas baru yang ditawarkan oleh DSS belakangan ini sesuai dengean perkembangan terakhir kemajuan perangkat komputer.Prinsip Dasar DSS
Struktur MasalahSulit utk menemukan masalah yg sepenuhnya terstruktur atau tak terstruktur - area kelabu Simon. Ini berarti DSS diarahkan pada area tempat sebagai besar masalah berada.
Dukungan KeputusanDSS tidak dimaksudkan untuk menggantikan manajer. Komputer dapat diterapkan pada bagian masalah yg terstruktur, tetapi manajer bertanggung ajwab atas bagian yang tidak terstruktur.
Efektivitas Keputusanwaktu manajer berharga dan tidak boleh terbuang, tetapi manfaat utama menggunakan DSS adalah keputusan yg baik

Sumber: http://is.its-sby.edu/subjects/kbs/Buku_Panduan_SBP.pdf

Tentang Decision Support Systems

Sistem Pendukung Keputusan Sistem Pendukung Keputusan(Decision Support System)

Suatu sistem yg menyediakan sarana bagi para manajeruntuk mengembangkan informasi sesuai dengan untuk mengembangkan informasi sesuai dengan keputusan yg akan dibuat. Tujuan: menunjang keputusan-keputusan yg relatif keputusan yg relatiftidak terstruktur (unstructured). tidak terstruktur (unstructured).? Kebutuhan: 1) sistem yg fleksibel dengan informasi yg Kebutuhan: 1) sistem yg fleksibel dengan informasi yginteraktif; 2) mudah digunakan ( interaktif; 2) mudah digunakan (user friendly user friendly); 3)memungkinkan pembuatan simulasi, proses memungkinkan pembuatan simulasi, proses trial trial-and and-error error, memperhitungkan akibat dari suatu keputusan. , memperhitungkan akibat dari suatu keputusan.Manfaat ManfaatSistem Pendukung Keputusan Sistem Pendukung Keputusan1. 1. Pengambilan keputusan yg rasional, sesuai Pengambilan keputusan yg rasional, sesuaidengan jenis keputusan yg diperlukan dengan jenis keputusan yg diperlukan2. 2. Membuat peramalan (forecasting) Membuat peramalan (forecasting)3. 3. Membandingkan alternatif tindakan Membandingkan alternatif tindakan4. 4. Membuat analisis dampak Membuat analisis dampak5. 5. Membuat model Membuat modelData untuk Perencanaan Daerah Data untuk Perencanaan DaerahUnsur Data Perencanaan: Unsur Data Perencanaan:1. 1. Survai geodesi: topografi, semantik (alamat, luas, klasifikasi, Survai geodesi: topografi, semantik (alamat, luas, klasifikasi,nilai) nilai)2. 2. Sumberdaya lahan: tanah (struktur, kondisi), pemanfaatan Sumberdaya lahan: tanah (struktur, kondisi), pemanfaatanpenggunaan lahan penggunaan lahan3. 3. Kadaster/yuridis: preferensi lahan, beban, pembatasan Kadaster/yuridis: preferensi lahan, beban, pembatasan(carrying (carrying-capacity) capacity)4. 4. Sumberdaya alam: geologi, cadangan air, vegetasi, iklim Sumberdaya alam: geologi, cadangan air, vegetasi, iklim5. 5. Instalasi/konstruksi: instalasi bawah/atas permukaan, industri Instalasi/konstruksi: instalasi bawah/atas permukaan, industri& energi, permukiman, lalu & energi, permukiman, lalu-lintas & transportasi lintas & transportasi6. 6. Kondisi lingkungan: kualitas air, tingkat polusi, kebisingan, Kondisi lingkungan: kualitas air, tingkat polusi, kebisingan,aktivitas yg mempengaruhi lingkungan aktivitas yg mempengaruhi lingkungan7. 7. Ekonomi, sosial & politik: kependudukan, SDM, fasilitas Ekonomi, sosial & politik: kependudukan, SDM, fasilitassosial sosial-budaya, kesehatan, aspirasi politik masyarakat. budaya, kesehatan, aspirasi politik masyarakat.Syarat analitis: 1) Data Statistik, 2) Data Spasial, 3) Data waktu.

Tentang Enterprise Resource Planning

Enterprise Resource Planning (ERP):

Mengintegrasikan Data, Meningkatkan KinerjaKetika perusahaan semakin tumbuh dan berkembang, kehadiran solusi aplikasi yang memungkinkan integrasi data dan informasi menjadi sebuah keharusan. Solusi aplikasi ERP dapat menjadi jawaban untuk menjawab kebutuhan tersebut.ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) merupakan solusi aplikasi yang mampu mengintegrasikan berbagai divisi atau unit di dalam perusahaan berdasarkan proses bisnis yang dikehendaki. Tujuan penerapan ERP di perusahaan adalah terciptanya optimalisasi dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan, misalnya dalam hal informasi, biaya, tenaga kerja, material, bahan baku, mesin-mesin produksi, produk jadi, dan lain sebagainya. Sedangkan proses bisnis yang dimaksud di sini, antara lain, proses pengadaan, penyimpanan, distribusi, pemasaran, penjualan, perencanaan, dan sebagainya.Dalam berbagai skala dan jenis industri, pengelolaan dan strategi yang baik terhadap penerapan solusi aplikasi ERP akan mendatangkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Implementasi ERP secara efektif akan membuat proses bisnis di dalam perusahaan menjadi lebih cepat, efisien, dan murah. Namun agar perusahaan mampu menerapkan ERP secara efektif, dituntut kemauan dan upaya sungguh-sungguh dari jajaran manajemen dan karyawan perusahaan dalam penerapannya – termasuk dalam menyiapkan sikap dan perubahan budaya kerja setelah implementasi ERP dilakukan. Implementasi Solusi ERPAplikasi ERP pada dasarnya bekerja berdasarkan proses yang berkaitan dengan mekanisme penciptaan informasi dan penyebarannya ke berbagai entitas organisasi yang membutuhkannya. Ambil contoh implementasi solusi ERP untuk mengitegrasikan lini produksi, pemasaran dan akuntasi pada PT Sinar Sosro yang memproduksi minuman Teh Botol Sosro. Dari proses yang serba manual Sosro menerapkan sistem informasi perusahaan terpadu berbasis teknologi informasi ini. Hasilnya, pengambilan keputusan menjadi lebih cepat karena ditunjang data – mulai dari data permintaan pasar, persediaan barang hingga produksi – yang mutakhir dan akurat. Kinerja produksi dan penjualannya terus melejit sementara biaya bisa ditekan.Tentu saja, di balik keberhasilan ini, ada kerja keras dan dukungan teknologi informasi untuk mendistribusikan produknya ke seluruh wilayah Nusantara secara berkesinambungan – agar para penggemar fanatiknya tak sampai kecewa karena kehabisan minuman kegemarannya ini. Untuk memperlancar proses distribusi produk minumannya, Sosro mempunyai sejumlah pabrik, kantor perwakilan wilayah, hingga unit penjualan. “Saat ini, Sosro memiliki delapan pabrik dan sembilan kantor perwakilan,” jelas Hugo Winanto, manajer TI PT Sinar Sosro. Pabrik Sosro tersebar di Medan, Jakarta, Pandeglang, beberapa kota di Jateng, Jatim, dan Kalimantan. Sementara pemasaran dan distribusi dilakukan melalui kantor penjualan, kantor perwakilan penjualan, hingga stockist (gudang penyimpanan) yang tersebar di banyak kota.Mengelola begitu banyak unit yang berbagai di berbagai lokasi terpisah jelas bukan hal mudah. Untuk itu Sosro sudah sejak lama memanfaatkan TI. Namun sistem TI yang digunakan perusahaan ini masih konvensional, berupa electronic data processing (EDP) yang masih dikelola di bawah bagian accounting. Perkembangan bisnis dan teknologi yang semakin cepat membuat manajemen Sosro sadar pentingnya layanan data dan informasi yang terintegrasi. Sejak itu, rencana untuk menggabungkan seluruh aktivitas EDP mulai dipikirkan dan dilakukan secara bertahap.Rencana pun dibuat dengan matang. Cetak biru implementasi TI, khususnya dalam pemanfaatan solusi ERP (Enterprise Resources Planning) di Sosro disiapkan sejak 1999 dan mulai diterapkan pada 2000. Targetnya, pada 2005 bagian produksi dan distribusi harus sudah on-line. Sistem ERP yang dibangun manajemen Sosro ini juga memungkinkan akses data dari kantor cabang Sosro di luar negeri. Setelah solusi ERP diterapkan, banyak perubahan mendasar yang terjadi di tingkatan operasi dan administrasi. “Dulu perlu waktu lama untuk sekadar mendapatkan data terbaru perusahaan, kini semua data bisa diperoleh dengan cepat,” ungkap Hugo. Proses konsolidasi antar pabrik dan antar unit distribusi pun bisa dijalankan secara efisien. “Kami bahkan mampu menargetkan sebelum tengah malam data dari seluruh unit produksi sudah masuk,” jelasnya. Dengan demikian manajemen di kantor pusat bisa mengetahui perkembangan yang terjadi di setiap pabrik sepanjang hari itu. Salah satu kendala yang dihadapi perusahaan saat menerapkan solusi ERP adalah kesiapan SDM dalam menjalankan berbagai prosedur baru yang selaras dengan tujuan pencapaian efisiensi di perusahaan. Namun, jika solusi ini diimplementasikan dengan tahapan-tahapan yang pasti, disosialisasikan dengan baik, dan didukung sepenuhnya oleh jajaran manajemen dan karyawan, maka solusi ini mampu mengintegrasikan proses bisnis secara efektif dan efisien, sehingga kinerja perusahaan pun akan meningkat.

Sumber: http://www3.lintasarta.net

Tentang Enterprise Resource Planning

Enterprise Resource Planning

Merupakan kemampuan dukungan teknologi untuk ber komunikasi dan berbagi informasi antara pelanggan, staf-staf layanan dan perusahaan secara keseluruhan.
Sumber: http://www.total.or.id/info.php?kk=Enterprise%20Resource%20Planning


Enterprise Resources Planning merupakan sebuah teknologi system informasi terintegrasi yang digunakan oleh manufaktur kelas dunia dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Dari beberapa penelitian didapatkan bahwa implementasi ERP dapat meningkatkan dengan cepat kinerja perusahaan dan beberapa mengalami kegagalan, sehingga dapat merusak sistem perusahaan. Keberhasilan ini dicapai dengan kesuksesan implementasi ERP yang ditentukan oleh key user (tim project ERP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan ERP pada perusahaan Indonesia khususnya Jawa Timur.

Teknologi enterprise resources planning (ERP) dapat mengintegrasikan fungsi marketing, fungsi produksi, fungsi logistik, fungsi finance, fungsi sumber daya, fungsi produksi, dan fungsi lainnya. ERP telah berkembang sebagai alat integrasi, memiliki tujuan untuk mengintegrasikan semua aplikasi perusahaan ke pusat penyimpanan data dengan mudah diakses oleh semua bagian yang membutuhkan. Leon (2005) mengemukakan integrasi data pada teknologi ERP dilakukan dengan single data entry (sebuah departemen fungsi memasukkan data, maka data ini dapat digunakan oleh fungsi-fungsi lainnya pada perusahaan).
Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan suatu cara untuk mengelola sumber daya perusahaan dengan menggunakan teknologi informasi. Penggunaan ERP yang dilengkapi dengan hardware dan software untuk mengkoordinasi dan mengintegrasikan data informasi pada setiap area business processes untuk menghasilkan pengambilan keputusan yang cepat karena menyediakan analisa dan laporan keuangan yang cepat, laporan penjualan yang on time, laporan produksi dan inventori. Program ERP sangat membantu perusahaan yang memiliki bisnis proses yang luas, dengan menggunakan database dan reporting tools manajemen yang terbagi. Business processes merupakan sekelompok aktivitas yang memerlukan satu jenis atau lebih input yang akan menghasilkan sebuah output dimana output ini merupakan value untuk konsumen. Software ERP mendukung pengoperasian yang efisien dari business processes dengan cara mengintegrasikan
aktivitas-aktivitas dari keseluruhan bisnis termasuk sales, marketing, manufacturing, logistic, accounting, dan staffing.
Implementasi ERP pada perusahaan di Indonesia yang mempunyai harapan untuk mempercepat proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan meraup pendapatan yang lebih besar. Namun, pada saat implementasi banyak faktor yang dapat menggagalkan implementasi dan merupakan masalah yang dihadapi antara lain pertama, manajemen tidak menyediakan proyek tim yang terbaik pada proyek implementasi menyangkut kompetensi anggota tim, kredibilitas dan kreativitas tim proyek, kepemimpinan tim yang efektif, komitmen tim, tanggung jawab tim, jumlah tim yang memadai, tanggungjawab yang tumpang tindih pada tim, pendekatan kerja yang kurang jelas, tujuan yang tidak dipahami oleh tim proyek. Kedua, manajemen tidak mampu membedakan bahwa e-business bukanlah sekedar investasi teknologi informasi melainkan perbaikan proses bisnis atau peningkatan bisnis dengan didukung teknologi informasi. Akibatnya nilai investasi e-business yang ditanamkan tak bisa kembali, karena banyak pimpinan perusahaan yang memiliki pengertian bahwa e-business adalah sekedar investasi teknologi informasi, bukan investasi bisnis yang didukung teknologi informasi. Menurut Goenawan ( 2002) pada warta ekonomi bahwa banyak perusahaan di indonesia yang melakukan investasi teknologi infformasi sebesar 1 % - 2 % dari pendapatannya, dan kebanyakan investasinya tidak mampu kembali. Ketiga, manajemen kurang memahami proses implementasi e-business yang benar, manajemen tidak memberikan dukungan efektif terhadap implementasi e-business di perusahaannya sendiri disampaikan oleh Goenawan (konsultan praktisi implemenasi ERP) pada warta ekonomi tahun 2002.

Fan et, al dalam Yahaya Yusuf, et al. (2006) menyatakan ERP merupakan fungsi sistem aplikasi software yang dapat membantu organisasi dalam mengendalikan bisnis yang lebih baik karena dapat mengurangi tingkat stok dan inventori, meningkatkan perputaran stok, mengurangi cycle time order, meningkatkan produktivitas, komunikasi lebih baik serta berdampak pada peningkatan benefit (profit) perusahaan. Sedangkan Leon (2005) menyatakan bahwa ERP mempunyai keuntungan dengan pengurangan lead-time, pengiriman tepat waktu, pengurangan dalam waktu siklus, kepuasan pelanggan yang lebih baik, kinerja pemasok yang lebih baik, peningkatan fleksibilitas, pengurangan dalam biaya-biaya kualitas, penggunaan sumber daya yang lebih baik, peningkatan akurasi informasi dan kemampuan pembuatan keputusan.
Tahun 2003 pada warta ekonomi Herdiawan (2003) melaporkan bahwa sistem ERP telah diterapkan pada perusahaan manufaktur makanan yang mendapatkan kentungan yakni integrasi sistem di seluruh grup perusahaan; data informasi menjadi lebih lengkap, detail dan cepat; memudahkan direksi membuat analisis dan mengambil keputusan; proses usaha yang lebih sederhana; penghematan ongkos produksi; dan terakhir arus kas perusahaan yang lebih terkontrol.
Pada warta ekonomi yang dilaporkan oleh Herdiawan (2006) dengan melakukan wawancara terhadap salah satu praktisi perusahaan di Indonesia dengan jabatan wakil president direktur mengungkapkan nilai tambah ERP setelah diterapkan pada perusahaan tersebut yakni : mempermudah analisis dan
pengambilan keputusan, proses bisnis dan sistem informasi menjadi terpadu, meningkatkan kontrol dan mempermudah proses perencanaan, penurunan inventori 40 %, peningkatan tingkat layanan pada pelanggan. Keunggulan-keunggulan ini dapat dicapai bila tahap-tahap implementasi ERP yang dilakukan telah berhasil. Untuk mencapai keberhasilan ERP ini maka perlu mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan implementasi dan kegagalan implementasi.
Sumber: http://fportfolio.petra.ac.id/user_files/04-017/Pengaruh%20key%20user,%20terhadap%20kinerja%20perusahaan%20pada%20implementasi%20teknologi%20ERPI.pdf

Tentang Intelegent Artificial IA

Artificial Intelligent (AI)

Written by Budiman
Monday, 05 November 2007
Artificial Intelligent (AI) adalah ilmu pengetahuan yang bergerak dalam pembuatan mesin yang cerdas. (sumber: John McCarthy). Mesin yang cerdas dapat diartikan sebagai mesin yang dapat melakukan hal-hal tertentu, yang memerlukan kecerdasan apabila dilakukan oleh manusia.
Kegiatan dalam AI yang disebut sebagai kegiatan yang ‘cerdas’ antara lain adalah: learning, reasoning, problem solving, perception, and language understanding.
1) Learning
Pembelajaran (Learning) terbagi ke dalam tiga bentuk, yaitu: Trial-and-error , Rote Learning , dan Generalization .
2) Reasoning
Reasoning merupakan pembentukan kesimpulan yang sesuai dengan situasi yang terjadi. Kesimpulan tersebut dapat diklasifikasikan menjadi pengaruh deduktif dan induktif.
Pada pengaruh deduktif, kebenaran dari alasan akan menjamin kebenaran dari kesimpulannya. Contoh: Akbar bisa berada di rumah atau di kampus, jika ia ada dirumah maka ia pasti tidak berada di kampus.
Sedangkan pada pengaruh induktif, kebenaran dari alasan hanya memperkuat kesimpulan. Untuk selanjutnya, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menghindari terjadinya kesimpulan yang salah. Contoh: Kemarin Akbar tidak masuk sekolah karena sakit, hari ini ia juga tidak masuk sekolah. Mungkin hari ini ia tidak masuk sekolah karena sakit.
Telah banyak kesuksesan di dalam pembuatan program komputer yang mampu melakukan reasoning. Proses reasoning yang dimaksud adalah proses pembuatan kesimpulan yang relevan dengan tugas dan situasi yang dihadapi. Namun demikian, masalah terbesar yang dihadapi oleh AI dalam implementasi reasoning adalah memberikan program komputer tersebut kemampuan untuk membedakan antara hal yang relevan dan tidak relevan

3) Problem Solving
Program AI dapat memecahkan masalah-masalah seperti: bagaimana menemukan langkah-langkah untuk memenangkan permainan catur di komputer, bagaimana mengidentifikasi manusia dari foto mereka, dan rencana rangkaian perpindahan tubuh dari robot untuk melakuan tugas yang diberikan oleh manusia.
Salah satu tujuan umum yang digunakan oleh AI adalah “means-end analysis”. Means-end analysis merupakan kemampuan mesin untuk menganalisa kegiatan yang dapat dilakukannya, sehingga dapat menciptakan keadaan yang berbeda antara kondisi awal dan kondisi akhir. Contoh: program pada mesin robot sederhana yang dapat melakukan aksi mengangkat dan meletakan barang, bergerak maju, mundur, ke kiri, dan ke kanan.
4) Perception
Sebuah persepsi diawali dengan proses merekam keadaan lingkungan oleh organ perasa atau indra. Hasil rekaman ini kemudian diproses untuk dapat mengenali dan menganalisis tiap gambar menjadi objek, fitur, dan hubungan-hubungan di dalamnya. Dengan kemampuan merekam lingkungan dan mengenali tiap objek, fitur, dan hubungannya, maka persepsi dapat diimplementasikan dalam AI sebagai salah satu faktor untuk mengasilkan mesin cerdas yang dapat mengerjakan tugas spesifik.
Contoh: FREDDY (stationery robot) yang dirakit di Universitas Edinburgh pada tahun 1966-1973. FREDDY memiliki ”mata” berupa televisi bergerak dan ”tangan” penjepit yang membuatnya mampu mengenali berbagai jenis objek serta hubungannya dan bisa melakukan perakitan komponen-konponen sederhana, dengan cara memilih dari beragam tumpukan komponen yang ada (contoh: perakitan mainan anak).
5) Language Understanding
Sistem bahasa adalah kumpulan dari tanda yang memiliki arti tertentu. Contohnya adalah lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas dikategorikan sebagai sistem bahasa karena memiliki arti tertentu. Namun, tetap terdapat perbedaan antara sistem bahasa komputer dengan bahasa manusia. Komputer, walaupun bisa merespon pada bahasa yang utuh (misal: bahasa Inggris), tetap saja tidak akan benar-benar memahami arti dari bahasa tersebut. Pada kenyataaannya, komputer memang hanya menggunakan bahasa tersebut tanpa dapat memahaminya.
Pada manusia, proses respon terhadap bahasa tidak hanya sekedar penggunaan, namun lebih ditekankan pada pemahaman. Manusia, setelah mempelajari bahasa, akan dapat ambil bagian dalam suatu komunitas serta melakukan interaksi dengan pengguna bahasa lainnya.
Untuk dapat menciptakan mesin yang cerdas, yang dapat melakukan berbagai aktivitas di atas, AI menghubungkan antara ilmu pengetahuan komputerisasi, psikologi, filosofi, teknik, dan neuoscience dengan kecerdasan dalam bertindak, belajar, dan beradaptasi yang lebih lanjut dikembangkan dengan mesin dan komputer.

Sumber: http://bizlab.sbm.itb.ac.id/index.php?option=content&task=view&id=47&lang=en

Tentang Intelegent Artificial IA

Pengertian AI
Suatu cara yang sederhana untuk membuat komputer dapat “berpikir” secara inteligent2. Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari perancangan sistem komputer yang inteligent, yaitu suatu sistem yang meperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti mengerti suatu bahasa, mempelajari,mempertimbangkan dan memecahkan suatu masalah. ....
Tujuan AI
Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer....
Arah AI
Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI tanpa mengikuti cara manusia menyelesaikannya (sistem pakar / expert systems)

Sumber: http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/artificial-intelligence/artificial-intellegence

Tentang Sistem Informasi Akuntansi

Setiap siklus transaksi mengandung potensi kerugian. Manajemen harus mengembangkan tuuan-tujuan pengendalian yang rinci untuk setiap siklus transaksi. Tujuan pengendalian tersebut memberikan dasar untuik melakuikan analisis dan audit atas struktur pengendalian intern organisasi dan sebagai dasar untuk menangani potensi kerugian yang berkaitan dengan ketergantungan organisasi terhadap sistem informasi.Organisasi atau perusahaan tergantung pada sistem informasi untuk mempertahankan klemampuan kompetisi. Informasi adalah sumber daya seperti halnya pabrik dan peralatan. Produktivitas, sebagai suatu hal yang penting agar tetap kompetitif, dapat ditingkatkan melalui sistem informasi yang lebih baik. Akuntansi sebagai suatu sistem informasi, mengindentifikasikan, mengumpulkan, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi mengenai suatu badan usaha kepada beragam orang. Informasi adalah data yang berguna dan diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Sistem adalah kumpulan sumber daya yang berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi. Informasi ini dikomunikasikan kepada beragam pengambilan keputusan. SIA mewujudkan perubahan ini, baik secara manual maupun komputerisasi.
Sumber: http://www.andipublisher.com/?buku-komputer&p=productsMore&iProduct=701

Tentang Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi

Konsep Sistem Informasi Akuntansi
Alasan belajar Sistem Informasi Akuntansi
· Programmer SIA perusahaan
· Database Administrator di Perusahaan
· Auditor Sistem Informasi
INFORMASI merupakan satu hal yang sangat penting bagi organisasi modern.Contoh:
· Informasi laba dan rugi perusahaan pada satu periode tertentu
· Informasi tingkat biaya per produk penting dalam menentukan harga jual produk
· Informasi besarnya piutang per konsumen, penting untuk menagih piutang
· Dlsb.
Definisi Accounting Information System
ACCOUNTING
· Pencatatan data ekonomi
· Maintainance data
· Penyajian informasi keuangan (berguna untuk mengetahui kinerja operasi bisnis dalam suatu periode)
INFORMASI
· Laporan laba rugi
· Laporan umur piutang
· Tagihan untuk konsumen
SISTEM
Sekelompok bagian yang saling berinteraksi yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.AIS: Sekelompok struktur dalam sebuah entitas yang mengelola sumber daya fisik dan sumber daya lain untuk mengubah data ekonomi menjadi informasi akuntansi, agar dapat memenuhi kebutuhan informasi berbagai pihak.TUJUAN AIS
1. Mendukung kegiatan operasi sehari-hari (Transaction Processing System)User dari AIS, terkait dengan TPS:INTERNAL: manajer dan employeeEKSTERNAL: konsumen (tagihan), pemasok (order pembelian dan cek), karyawan (cek gaji), bank (lap keu dan pembayaran utang)
2. Mendukung pengambilan keputusan oleh pengambil keputusan internalMisal: keputusan untuk membeli atau membuat sendiri3. Memenuhi kewajiban terkait dengan pertanggungjawaban perusahaanMisal: membayar pajak ke Negara, menyusun laporan keuangan (bagi perusahaan yang go public)Fungsi2 dalam mentransformasi data menjadi informasi
· Pengumpulan data
· Maintenance data: mengklasifikasikan, mengcopy, mensortir, mengelompokkan, menggabungkan, melakukan penghitungan, meringkas, dan membandingkan.
· Mengelola data
· Mengendalikan data, dengan dua tujuan 1) mengamankan harta kekayaan organisasi, dan 2) memastikan bahwa data yang direkam adalah data yang akurat dan lengkap dan diproses secara benar.
· Proses menghasilkan informasi
Sub System AIS
· Siklus buku besar dan pelaporan keuangan
· Siklus penjualan
· Siklus pengeluaran
· Siklus konversi
· Siklus manajemen sumber daya manusia
Peran Sistem Informasi dalam Menciptakan Nilai
· Meningkatkan efisiensi
· Meningkatkan keakuratan dan kekinian (up-to-date) catatan perusahaan
· Meningkatkan kualitas produk dan jasa
· Meningkatkan kualitas perencanaan (penyusunan anggaran) dan pengendalian
Sumber: http://blogakuntansi.blogspot.com/search/label/Sistem%20Informasi%20Akuntansi

Tentang Sistem Informasi Manajemen

GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

A. Definisi Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen (manajement information system atau sering dikenal
dengan singkatannya MIS) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk
mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
SIM (sistem informasi manajemen) dapat didefenisikan sebagai kumpulan dari
interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah
data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam
kegiatan perencanaan dan pengendalian.
Secara teori, komputer tidak harus digunakan didalam SIM, tetapi kenyataannya
tidaklah mungkin SIM yang komplek dapat berfungsi tanpa melibatkan elemen komputer.
Lebih lanjut, bahwa SIM selalu berhubungan dengan pengolahan informasi yang didasarkan
pada komputer (computer-based information processing).
SIM merupakan kumpulan dari sistem-sistem informasi. SIM tergantung dari besar
kecilnya organisasi dapat terdiri dari sistem-sistem informasi sebagai berikut :
1. Sistem informasi akuntansi (accounting information system),menyediakan informasi dari
transaksi keuangan.
2. Sistem informasi pemasaran (marketing information system), menyediakan informasi
untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan
penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information system).
4. Sistem informasi personalia (personnel information systems)
5. Sistem informasi distribusi (distribution information systems)
6. Sistem informasi pembelian (purchasing information systems)
7. Sistem informasi kekayaan (treasury information systems)
8. Sistem informasi analisis kredit (credit analiysis information systems)
9. Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information
systems)
10. Sistem informasi teknik (engineering information systems)
Semua sistem-sistem informasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi
kepada semua tingkatan manajemen, yaitu manajemen tingkat bawah (lower level
management), managemen tingkat menengah (middle level management) dan manajemen
tingkat atas (top level management).
Top level management dengan executive management dapat terdiri dari direktur utama
(president), direktur (vise-president) dan eksekutif lainnya di fungsi-fungsi pemasaran,
pembelian, teknik, produksi, keuangan dan akuntansi. Sedang middle level management
dapat terdiri dari manajer-manajer devisi dan manajer-manajer cabang. Lower level
management disebut degan operating management dapat meliputi mandor dan pengawas.
Top level management disebut juga dengan strategic level, middle level management
dengan tactical level dan lower management dengan tehcnical level.
Sumber: http://ilmukomputer.com/wp-content/uploads//2008/08/sim.pdf

Tentang Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen

· Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.

Tujuan Umum
· Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
· Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
· Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).

Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
· Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
· Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
· Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Bagian

SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
· Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
· Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
· Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
· Sistem informasi personalia (personnel information systems).
· Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
· Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
· Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
· Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
· Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
· Sistem informasi analisis software
· Sistem informasi teknik (engineering information systems).
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen

Pengertian Sistem, Informasi, Data (1 dan 2)

Pengertian Sistem

· Sistem
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Elemen dalam sistem
Pada prinsipnya, setiap sistem selalu terdiri atas empat elemen:
· Objek, yang dapat berupa bagian, elemen, ataupun variabel. Ia dapat benda fisik, abstrak, ataupun keduanya sekaligus; tergantung kepada sifat sistem tersebut.
· Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
· Hubungan internal, di antara objek-objek di dalamnya.
· Lingkungan, tempat di mana sistem berada.
Jenis sistem
Ada berbagai tipe sistem berdasarkan kategori:
· Atas dasar keterbukaan:
o sistem terbuka, dimana pihak luar dapat mempengaruhinya.
o sistem tertutup.
· Atas dasar komponen:
o Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi.
o Sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem

Pengertian Sistem (2)
· Sistem
Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Esensinya sistem terdiri dari:1. komponen-komponen dalam sistem tersebut, mencakup- perangkat keras/hardware,- perangkat lunak/software,- prosedur-prosedur/procedure,- perangkat manusia/brainware, dan- informasi/information itu sendiri;2.serta fungsi-fungsi teknologi di dalamnya yaitu:- input,- proses/process,- output,- penyimpanan/storage dan- komunikasi/communication.
Dalam atribut file istilah ini merupakan bahwa file yang dimaksud merupakan file system atau merupakan file yang berupa program komputer.
Sumber: http://www.total.or.id/info.php?kk=sistem

Pengertian Informasi

· Definisi Informasi Suatu sistem tanpa informasi akan tidak berguna, karena suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan mengalami kemacetan dan akhirnya berhenti. Dengan demikian informasi sangat penting bagi suatu sistem. Informasi sendiri berasal dari data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.(McFadden, dkk 1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sehingga mempunyai arti dan dapat meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
Jadi sumber informasi adalah data yang merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat terentu, kesatuan nyata (fact and entity) berupa objek nyata seperti tempat, benda, dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Sumber: http://blog.re.or.id/definisi-informasi.htm

Definisi Informasi (2)

Keterangan, penerangan. Data yang telah diproses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata, sehingga dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan, dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang.
Susunan hirarki informasi mulai dari data/fakta, kemudian diseleksi dan diolah menjadi sesuatu yang berguna
Sumber: http://www.total.or.id/info.php?kk=informasi

Pengertian Data

· Definisi Data
Bahan, data, keterangan, catatan, fakta.
Fakta, atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol-simbol, gambar-gambar, kata-kata, angka-angka, huruf-huruf, atau simbol-simbol yang menunjukkan suatu ide, objek, kondisi, atau situasi dan lain-lain.
Data itu sendiri merupakan bentuk jamak dari datum yang berarti informasi. Jelasnya data itu dapat berupa apa saja dan dapat ditemui di mana saja. Kemudian kegunaan dari data adalah sebagai bahan dasar yang obyektif (relatif) di dalam proses penyusunan kebijaksanaan dan keputusan oleh Pimpinan Organisasi.

Sumber: http://www.total.or.id/info.php?kk=data

Pengertia Data (2)

Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadan yang kita hadapi (data is the description of things and events that we face).
Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Sebagai contoh, pendapatan Telkom salah satunya adalah pemakaian telepon dari pelanggan yang disimpan dalam bentuk AMA oleh Telephone Exchange dan setiap bulannya diolah menjadi suatu nilai-nilai tertentu yang akan ditagihkan ke pelanggan tersebut. Kesatuan nyata (fact and entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi.
Hal tersebut dapat dilihat dalam contoh kasus sebagai berikut ; data-data pemakaian telepon oleh pelanggan merupakan data magnetik yang disimpan dalam telephone exchange. Setiap akhir bulan data-data tersebut diolah oleh Sisfo menghasilkan angka-angka yang menunjukan pemakaian telepon pelanggan dalam Rupiah yang telah dikonversi.
Data-data tersebut akan menghasilkan informasi bila diolah, antara lain :
L11 yang akan ditagihkan kepada pelanggan (berisi perincian pemakaian lokal, sljj, telkomnet instan, nanguranet, japati, airtime dll).
Laporan pendapatan total Kandatel per bulan atau per WKC.
Laporan pendapatan per produk : lokal, sljj, TelkomNet Instan, NanguraNet, TelkomGlobal, TelkomSMS, Premium Lokal dll.
Pertumbuhan SST, pendapatan, produk tahun ……. Dll.
Dari ilustrasi dan uraian diatas dapat diterangkan definisi informasi. Terdapat beberapa definisi informasi, antara lain :
Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi akan dilakukan.
Data organized to help choose some current or future action or nonaction to fullfill company goals (the choice is called business decision making).
Sumber: http://prabu.wordpress.com/2006/02/13/data-dan-informasi/

Manfaat Blog

7 MANFAAT BLOG BAGI PENULIS Seri Artikel Blogging & Publishing

Belakangan ini, saya lumayan gencar mendorong sahabat-sahabat penulis maupun siapa saja yang sedang belajar mengembangkan kemampuan menulis untuk membuat weblog atau blog. Saking bersemangatnya, sampai ada rekan yang berseloroh, “Wah, bikin blog-nya aja belum genap sebulan. Tapi, cara ngomporinnya udah semangat 45!” Diledek begini saya langsung ngeles (berkilah), “Lho, nge-blog-nya di Ezonwriting.wordpress.com boleh baru. Tapi, nulis di media media online kan udah dari dulu?” Dan, rekan ini cuma bilang, “Ya, whatever-lah...!”
Kali ini, saya ingin menekankan kembali betapa media blog ini punya banyak manfaat bagi penulis, atau siapa saja yang sedang belajar menulis. Bagi saya, blog sebenarnya punya karakteristik yang hampir sama dengan website biasa seperti Pembelajar.com atau beragam website lainnya. Bedanya hanya sedikit, yaitu pada kemudahan pembuatannya, pengelolaannya, template yang tersedia, serta sifat gratisan namun dengan menu-menu pendukung yang berlimpah.
Saya tidak akan bahas hal teknis soal beda website biasa dengan blog di sini karena memang bukan kompetensi saya. Yang ingin saya garis bawahi adalah bahwa siapa pun sekarang bisa memiliki blog dengan tampilan profesional (layaknya website biasa yang cantik) secara gratis dan mudah. Nah, blog ini ibarat rumah kita di dunia maya yang bisa didandani dan dimodifikasi sedemikian rupa, serta dimanfaatkan sesuai kebutuhan kita. Dalam konteks tulisan ini, kita akan ulas manfaat blog dari segi kepenulisan.
Baik, dari pengamatan saya, ada sejumlah manfaat blog bagi penulis atau siapa pun yang sedang mengembangkan kemampuan menulisnya. Berikut di antaranya.
Pertama, blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis. Kita sudah pada tahu, salah satu masalah utama yang dialami kebanyakan penulis—terlebih lagi penulis pemula—adalah soal wadah publikasi. Media massa umum seperti koran, tabloid, majalah, jurnal, sering kali terbatas ruangnya dan mematok standar kualitas tulisan tertentu. Setiap hari, ribuan tulisan masuk ke meja redaksi berbagai media massa, tapi hanya sedikit saja yang bisa dimuat.
Nah, selain sejumlah website yang menerima kontribusi tulisan dari luar, blog bisa jadi solusi bagi tulisan-tulisan yang tidak tertampung itu. Manakala tulisan ditampilkan di blog, aslinya tulisan itu sudah punya “nyawa” dan mendatangkan pengaruh. Hanya tulisan yang dipublikasikan saja yang punya nyawa dan pengaruh kepada pembacanya. Blog bisa menjadi alat untuk menghidupkan tulisan kita.
Lalu, apa strategisnya memublikasikan tulisan di blog? Nilai strategisnya sedikit berbeda dengan media offline macam surat kabar. Tulisan yang dimuat di surat kabar belum tentu bisa diakses melalui internet, kalau surat kabar tersebut tidak online. Tulisan di blog jelas online, dan pada tingkatan tertentu, tulisan tersebut mudah diakses melalui search engine. Jejak di search engine inilah yang punya nilai startegis.
Kedua, tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya. Asal menu komentar tidak ditutup, maka siapa pun yang membaca tulisan kita bisa berkomentar apa saja di sana. Memang, untuk blog yang aktif serta sering dikunjungi, komentar mudah sekali didapat dan jumlahnya bisa banyak sekali. Sementara, blog yang kurang aktif, jarang ditaut (di-link), dan jarang dikunjungi biasanya juga tidak banyak komentarnya.
Banyak orang belum sepenuhnya aware dengan peran komentar atau feedback tulisan ini. Bagi penulis, komentar atas tulisan sungguh merupakan alat uji bagi tulisan itu sendiri. Positif atau negatif komentarnya, itu semua bisa menjadi bahan perbaikan tulisan atau bagian dari proses pembelajaran penulisnya. Bahkan, banyak sekali ide-ide baru yang bisa dielaborasi dan dieksplorasi dari lalu lintas komentar tersebut.
Ketiga, blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis. Bagaimanapun, setelah punya blog biasanya kita akan terdorong untuk terus mengisinya dengan berbagai bentuk tulisan. Terlebih bila tulisan-tulisan kita mendapatkan sambutan atau aneka komentar dari para pengunjung. Ini akan memotivasi kita untuk rajin mem-posting tulisan. Bagi mereka yang sedang belajar menulis, komentar atau tanggapan blogger (penulis blog) lain ini akan sangat besar artinya.
Khusus untuk para blogger yang sudah memiliki jaringan luas serta setiap tulisannnya dinantikan, pastilah ada semacam dorongan untuk terus mengisi blog-nya. Tulisan-tulisan terbaru para blogger yang sudah cukup bergaung namanya atau terkenal biasanya juga selalu dinantikan. Bila mereka mulai mengendor atau jarang meng-update blog, pasti ada keluhan dari para pengunjung setia. Jika ini keterusan, pengunjung bisa menurun dan akan kurang menguntungkan si blogger.
Keempat, menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasan. Makin sering menulis di blog, rasanya akan semakin mudah pula mengeluarkan ide-ide dalam bentuk tulisan. Ini sama persis dengan kegiatan menulis diari sehari-hari. Semakin sering kita mengisi diari, semakin mudah dan lancar pula kita menulis.
Kelima, blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekali. Ini memungkinkan tulisan-tulisan yang dalam kacamata umum mungkin dianggap kurang pantas, terlalu absurd, atau melanggar aturan-aturan tertentu, di blog malah mendapatkan saluran seluas-luasnya. Blog bisa menjadi saluran gagasan-gagasan alternatif, bahkan yang paling ekstrim sekalipun. Ini yang tidak mungkin diwadahi oleh media konvensional.
Sifat blog yang bisa diisi oleh siapa pun, dengan jenis tulisan apa pun, serta dengan segala tingkatan kemampuan menulis, membuatnya menjadi ajang ekspresi intelektual yang sangat konstruktif. Sumirnya batas-batas tersebut (karena penulis sendirilah yang menetapkan batasannya) bisa merangsang blogger menuliskan apa saja serta menambahkan keberanian dalam berekspresi. Nah, sisi keberanian berekspresi inilah yang bisa mendongkrak kemampuan menulis seseorang.
Keenam, blog adalah tempat kita untuk menabung tulisan. Satu demi satu kita isi blog dengan beragam tulisan, maka lama kelamaan blog kita akan penuh juga. Bagus sekali bila mayoritas tulisan yang kita tampilkan di blog adalah karya sendiri. Terlebih bila blog memang kita jadikan sebagai sarana untuk berlatih menulis dan menampung tulisan-tulisan karya sendiri.
Pada saatnya nanti, tulisan-tulisan di blog bisa kita oleh menjadi karya lainnya, buku misalnya. Kalau tulisan sudah terkumpul dan temanya memiliki benang merah tertentu, serta dari sisi kualitas memang memenuhi syarat untuk dibukukan, mengapa tidak dibukukan? Potensi inilah yang tampaknya belum banyak dilirik oleh para blogger. Saya termasuk yang sedang mendorong-dorong para blogger supaya ngeh dengan potensi blog untuk dibukukan.
Ketujuh, blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan. Lima tahun yang lalu mungkin Anda tidak mengenal siapa itu Enda Nasution, Priyadi, Fatih Syuhud, Jennie S. Bev, dan para blogger kenamaan saat ini. Kalaupun sudah mengenalnya, mungkin hanya sayup-sayup belaka. Tapi, berkat kiprah mereka di dunia maya melalui blog, mereka kini dikenal menjadi orang-orang beken di dunia blog Tanah Air. Itu artinya, mereka berhasil membangun merek diri melalui blog. Tinggal pemanfaatan ekuitas mereknya saja akan seperti apa nantinya.
Blog bisa membuat seorang penulis yang “bukan siapa-siapa” menjadi penulis yang bisa “dikenal oleh siapa saja”. Interkoneksi antara blog dengan mesin pencari dan kebutuhan akan data oleh pengguna internet, ternyata telah menciptakan situasi kesalingterhubungan alias saling kenal. Terpaut dengan segala aktivitas maya lainnya, maka situasi itulah yang akhirnya bisa memupuk brand seseorang.
Nah, berangkat dari tujuh keuntungan atau manfaat tersebut, saya kembali mengajak Anda para penulis maupun siapa saja yang sedang belajar menulis, ayo buat blog penulisan. Wadah publikasi tulisan sudah bukan barang langka dan sakral lagi. Semua orang bisa nge-blog dan menjadi “sesuatu” yang berarti karena aktivitas tersebut. Ok, sampai ketemu di dunia blog dan temukan semakin banyak manfaat di sana.[ez]
* Edy Zaqeus adalah penulis buku-buku best-seller, konsultan penulisan & penerbitan, editor Pembelajar.com, dan trainer di Sekolah Penulis Pembelajar (SPP). Ia juga mendirikan Bornrich Publishing dan Fivestar Publishing yang berhasil menerbitkan sejumlah buku best-seller. Nantikan workshops Edy Zaqeus tentang “Membuat Blog Menjadi Buku”, “Cara Gampang Menerbitkan Buku Sendiri”, dan “Cara Gampang Menulis Buku Best-Seller” pada November-Desember 2007 ini (Info selengkapnya, hubungi SPP di 021-7828044). Kunjungi blog Edy di: http://ezonwriting.wordpress.com atau email: edzaqeus@gmail.com.
Sumber: http://www.pembelajar.com/wmview.php?ArtID=1037&page=1

Manfaat Blog

Mungkin ada yang bertanya kenapa saya sekarang jadi rajin mengisi blog saya? Jawabannya adalah karena kini saya sudah sadar bahwa begitu banyak manfaat dan potensi yang dimiliki oleh blog. Berikut beberapa hal yang berhasil menyadarkan saya akan potensi besar yang dimiliki blog:
1. Belum lama ini saya sering membaca artikel mengenai web 2.0 (apa itu web 2.0? insya Allah saya kan buat artikelnya kapan-kapan). Blog itu sudah termasuk berkategori web2.0, karena pada blog terdapat unsur kolaborasi antar pengunjung melalui berbagai fitur seperti komentar, shoutbox dll. Pada semua artikel yang saya baca itu, semuanya menjabarkan tentang begitu besarnya potensi blog nantinya dimasa depan.
2. Akhir-akhir ini saya sering bertemu dengan para praktisi IT ngetop di Indonesia seperti pak romi (romisatriawahono.net - pendiri ilmukomputer.com), pak harry (harry.sufehmi.com - pendiri isnet, salah satu pengelola asiablogging.com), pak nukman (virtual.co.id/blog - pendiri virtual, pelaku blog korporat aseli Indonesia), pak agus (agusnizami.wordpress.com, ketua MIFTA) dll. Waktu bertemu dengan mereka obrolan saya tak jauh tentang trend perkembangan IT kedepan. Dan salah satu topik yang sering muncul adalah potensi web2.0 terutama blog. Dari obrolan dengan mereka saya mendapat banyak inspirasi tentang pentingnya memanfaatkan peluang dari potensi yang dimiliki oleh blog.
3. Dan yang tidak kalah penting adalah sahabat saya ilman yang begitu getol mempromosikan pentingnya ngeblog, sampai2 dia bikin situs sendiri khusus untuk memberi motivasi kepada orang lain untuk ngeblog. ini dia situsnya: www.ayongeblog.com
Tiga alasan diatas sudah sangat cukup bagi saya untuk ikut terlibat dalam memanfaatkan peluang besar dari blogging. Saya ingin mendapatkan banyak manfaat dari ngeblog, dan saya juga ingin menyebarkan sejuta manfaat dengan ngeblog. Ya, ngeblog memang punya banyak manfaat. Tapi kebermanfaatan blog itu tergantung pada tipe isi dari blog itu sendiri. Ada tipe tulisan dalam blog yang bermanfaat tapi ada juga yang tidak banyak gunanya. Berikut beberapa tipe tulisan blog yang bermanfaat:
1. Knowledge Sharing. Blog bisa menjadi sangat bermanfaat jika diisi dengan knowledge-knowledge yang bermanfaat buat orang banyak. Dengan blog, semua orang bisa dengan mudah mengeksternalisasikan knowledge yang dimilikinya ke publik. Sehingga dengan begitu knowledge yang dimilikinya itu bisa dishare ke orang lain dan menjadi bermanfaat buat orang yang membutuhkannya.
2. Bridge Blogging. Saya dapatkan istilah ini dari blog nya pak harry. Di blognya, pak harry seringkali menulis sesuatu dengan bahasa inggris. Disitu dia menjelaskan salah satu alasan dia menulis dalam bahasa inggris adalah supaya orang lain diluar Indonesia dapat membaca tulisannya dan mendapat gambaran tentang bagaimana sebenarnya kehidupan di Indonesia. Apa yang dilakukan oleh teman saya sisunyisenyap juga sangat bagus. Akhir2 ini dia mulai mengisi blognya dengan tulisan berbahasa inggris. Asalkan dia bisa konsisten, blognya itu bisa menjadi salah satu sarana baginya untuk belajar menulis dalam bahasa inggris sekaligus juga menjadi salah satu bridge blogger di Indonesia. Bridge blogging mampu menampilkan wajah sebenarnya dari suatu negeri, tanpa ada yang ditutup-tutupi, tanpa polesan disana-sini. Jika kondisi negeri itu bagus atau jelek maka benar-benar akan terlihat wajah sebenarnya dari negeri tersebut. Contoh yang sangat bagus dari bridge blogging ini adalah blog-blog yang dibuat oleh para blogger thailand yang memberikan gambaran sebenarnya tentang represi yang dilakukan junta militernya pada kaum biksu. Pemerintah thailand waktu itu sudah berupaya supaya kondisi ini tidak mencuat keluar. Namun untungnya ada blogger-blogger thailand yang memberitakan pada seluruh dunia bahwa kondisi thailand saat itu sedang kacau. Tanpa para bridge blogger di thailand, mungkin saat ini kondisi thailand belum berubah.
3. Ground Voice, Suara Akar Rumput. Dengan blog, orang dapat dengan leluasa menuliskan pendapatnya tentang suatu hal. Opini-opini yang muncul dari blogosphere kemudian bisa menjadi sebuah opini yang kuat yang mampu menunjukkan bagaimana sebenarnya pendapat masyarakat tentang suatu hal. Selama ini opini umum yang berkembang di masyarakat selalu dikendalikan oleh pihak media-media yang sudah besar dan berpengaruh. Dan kita sendiri juga tahu, bahwa saat ini hampir semua media didunia sudah kehilangan objektifitasnya. Banyak media yang sengaja dibuat oleh kelompok-kelompok tertentu untuk mengendalikan opini umum yang berlaku dimasyarakat. Dengan blog, opini umum yang berkembang bisa dikendalikan langsung oleh individu-individu yang terlibat. Dengan begitu, opini yang terbentuk adalah opini yang jujur langsung dari setiap individu dari masyarakat, tanpa dimanipulasi terlebih dahulu oleh pihak media. Contoh yang menarik dari fungsi blog sebagai suara akar rumput adalah yang terjadi di Cina belum lama ini (lupa kapan waktu pastinya). Di Cina, opini umum yang muncul dari para blogger disana mampu mendorong legislatif disana untuk merevisi suatu undang-undang (lupa UU/RUU ttg apa, klo gak salah tentang kependudukan)
4. Idea Incubation. Biasanya jika seseorang mempunyai suatu ide, ide tersebut tidak langsung direalisasikan. biasanya ide yang muncul dalam otaknya terpendam sekian lama untuk proses pematangan ide. seiring berjalannya waktu, dia akan menambahkan konsep-konsep pelengkap dari idenya itu. Dan biasanya suatu ide yang muncul dalam diri seseorang tidak akan direalisasikan jika tidak ada orang yang mendukung idenya tersebut. Oleh karena itu, jika suatu ide muncul dalam diri kita, akan sangat bagus kalau kita menginkubasikan ide tersebut selama beberapa lama sambil men-share ide tersebut ke beberapa orang yang mungkin akan mendukung ide yangt kita miliki. Setelah proses inkubasi tersebut, kita akan mendapatkan ide yang matang dan kita juga siap untuk merealisasikan ide tersebut dengan dukungan dari orang-orang yang terlibat dalam proses inkubasi ide kita sebelumnya. Nah… blog yang kita miliki bisa berperan sebagai tempat untuk meng-inkubasi-kan ide yang kita miliki. Kita bisa men-share ide yang kita miliki di blog kita supaya nantinya orang yang datang ke blog kita bisa ikut terlibat dalam proses inkubasi ide tersebut dengan memberikan tambahan ide dan juga dukungan buat kita untuk merealisasikan ide yang kita miliki.
Saya rasa diluar 4 potensi dan manfaat dari blog yang ditulis diatas, masih banyak lagi manfaat dan potensi yang dimiliki oleh blog. Namun disini saya hanya menuliskan apa yang saya miliki saja. Mungkin Anda dapat ikut membantu menambahkan manfaat-manfaat yang dimiliki oleh suatu blog.
Sumber: http://kamal87.wordpress.com/2007/12/26/manfaat-dan-potensi-blog/

Pengertian Blog

Apa Itu Blog?

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan ''catatan perjalanan'' seseorang di internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar ''cerdas'' mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.
Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita ''mengintip'' isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.
Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Sedangkan Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekadar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekadar sebuah diary yang disimpan di internet.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi diary anline yang berada di internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari diary atau jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada di luar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tetapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sampai Blogger.com muncul di dunia per-blog-an.
Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orangtua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olah raga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?
Cameron Barret menulis pada Blog-nya esai berjudul ''Anatomy of a Weblog'' yang menerangkan tema dari Blog. Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut. Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasaan si Blogger-nya tanpa ada editor atau bos yang ikut campur, tema segila apa pun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri di antaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang desainer interaktif di mana dia mengkatrgorikan topik-topik Blog-nya pada kategori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya. (iah/net)
Sumber: http://www.balipost.co.id/BALIPOSTCETAK/2006/12/19/ip1.htm

Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

SEJARAH BLOG
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1. Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.
Sumber: http://www.blog.bukukita.com/?nav=helpArtiBlog

All about STEKPI

"Startfest": Seni Mahasiswa Mengolah Musik, Teater, dan Tubuh

Konduktor, Sugeng Pratikno memberikan arahan kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia (STEKPI) saat festival seni Stekpi bertajuk "Starfest - balancing your life with fitness and art" di kampus, Kalibata, Jakarta, Sabtu (17/5). Festival ini sebagai wujud pembelajaran dari hasil mata kuliah seni di kampus Stekpi.
Kendati malam itu acara dimulai sedikit melewati waktu, namun gerakan-gerakan teaterikal dari sekitar lima orang mahasiswa, yang berdiri di beberapa titik di tempat pertunjukan mampu menarik perhatian penonton. Gerakan-gerakan hening dengan mulut membisu yang mungkin masih dinilai aneh bagi orang awam ternyata masih dapat memberikan kesan penuh makna.
Mahasiswa STEKPI mempertunjukkan kebolehan mereka di depan sekitar 600 orang penonton dalam pertunjukan unik yang menggabungkan elemen teater, musik, dan kebugaran dalam sebuah pergelaran. Penonton yang terdiri dari kalangan mahasiswa, siswa dan siswi sekolah menengah umum (SMU) dibuat terpukau dengan penampilan mereka yang sangat total.
Tarian modern yang dipertunjukkan adalah tarian modern dengan nuansa Rhythm and Blues (R&B) dan Hip Hop. Selain itu juga diberikan variasi gerakan yang mencontoh dari olahraga basket. Pada awal tarian juga dibumbui dengan sedikit pertunjukan drama. Melalui pertunjukan tersebut, mahasiswa memberikan kesan bahwa mereka juga adalah seorang pelaku seni.
Tema yang diangkat dalam setiap pertunjukan adalah menyangkut pemanasan global atau global warming, kenaikan bahan bakar minyak (BBM), korupsi, kemiskinan, dan berbagai wacana lainnya yang menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah beberapa waktu belakangan ini.
"Startfest"
Berangkat dari sebuah kesimpulan bahwa kehidupan semakin disibukkan dengan kegiatan ekonomi dan politik hingga aspek kesenian dan budaya semakin terabaikan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia (STEKPI) menggelar sebuah pertunjukan seni musik, teater dan olah tubuh dengan tajuk "STEKPI Art Festival" (Startfest).
"Startfest" yang diadakan di atrium kampus STEKPI, Kalibata, beberapa waktu lalu, merupakan hasil karya para mahasiswa STEKPI angkatan 2007, sebagai bukti pembelajaran mata kuliah Fitness and Art, Ilmu Penyelenggaraan atau Event Organizer (EO), dan Teater yang dimasukkan dalam kurikulum oleh STEKPI School of Business and Management.
Mata kuliah Fitness and Art diadakan juga dengan tujuan menyeimbangkan antara hidup dan pekerjaan, kebugaran tubuh lewat olah tubuh seperti fitness dan kesenian. Selain itu, dengan mata kuliah tersebut, mahasiswa dilatih untuk mempelajari seni pertunjukan, seni kebugaran, dan manajeman pertunjukan.
Ketua STEKPI, Bambang Trihartanto berharap, STEKPI dapat terus mempertahankan mata kuliah tersebut agar dapat menjadi kekuatan yang melengkapi para mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja. Selain itu, ia juga mengaharapkan agar seni lebih mendapatkan tempat yang istimewa di kalangan mahasiswa.
Untuk pertunjukan teater, mahasiswa STEKPI yang tergabung di dalamnya dilatih oleh Pemimpin Teater Aristokrat sekaligus Ketua Jurusan Teater Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Ucok Siregar.
Sementara untuk pertunjukan musik, dilatih oleh Sugeng Pratikno, salah satu pengajar yang juga dari IKJ. Sugeng melatih para mahasiswa dalam satu bulan penuh dan hasilnya ternyata sangat menakjubkan. Dengan menggunakan alat-alat musik buatan sendiri, Sugeng menciptakan bunyi-bunyian sederhana namun begitu harmonis.
Botol-botol kaca, ember-ember cat, gendang, dan bambu menimbulkan suara yang begitu khas dan menarik telinga. Sugeng juga sengaja memilihkan tiga buah lagu tradisional, seperti salah satunya "Yamko Rambe Yamko", untuk mengingatkan mahasiswa akan keindahan dan kekayaan lagu-lagu tradisional.
Grup seni musik perkusi yang diberikan nama Swaraningpring Ensembel oleh Sugeng berdurasi kurang lebih 30 menit. Mereka tampak berhasil menghadirkan musik yang unik dan sangat menghibur penonton yang juga didominasi oleh para orang tua calon mahasiswa.
Pengajar mata kuliah kebugaran adalah Ety Burhan, dan pengajar manajemen acara dari Malona Event Organizer. Dalam mempersiapkan pertunjukan fitness, latihan dilakukan setiap hari Jumat selama satu bulan.
Ketua panitia "Startfest", Risa Raramuri, juga mengutarakan kegembiraan dan kebanggaannya sebagai salah satu mahasiswa STEKPI yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti mata kuliah softskill, seperti kesenian dan olah tubuh.
Melalui tema tersebut, "Startfest" diharapkan dapat menimbulkan perhatian yang lebih dari pemerintah atau pihak-pihak yang terkait. Selain itu, mahasiswa dapat memiliki visi yang lebih baik dan melanjutkan cita-cita bangsa yang mulia. [WWH/R-8]


sumber : http://www.suarapembaruan.com/News/2008/06/03/Kampus/kampus02.htm

Selasa, 16 September 2008

All About STEKPI

PROFIL STEKPI


STEKPI school of business and management adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan perbankan Indonesia. Yang memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau sederajat untuk mengikuti pendidikan jalur akademik dibidang dibidang, manajemen dan akuntansi khususnya keuangan dan perbankan.


STEKPI diselenggarakan oleh Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia (YAPPINDO) dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN - PT).

Pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan perkembangan transaksi Internasional yang dinamis telah menciptakan kebutuhan akan diversifikasi serta peninggkatan kualitas SDM yang diperlukan dalam setiap aktivitas ekonomi baik yang bergerak dibidang barang maupun dibidang jasa.

Keutuhan ini semakin terasa di dalam negeri karena semakin besarnya gap antara kualitas lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang tersedia dengan kualitas tenaga kerja dan profesional yang dibutuhkan oleh dunia usaha.

Karena itu STEKPI sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan Sarjana Ekonomi yang berkualitas, sangat menyadari hal ini dan terus berusaha melakukan berbagai langkah yang bersifat proaktif sesuia dengan visinya menjadi Center of Excellence dibidang Pendidikan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan di Indonesia.

Program


S1 Akuntansi & Manajemen
Kurikulum berbasis kompetensi yang di-endorse oleh dunia industri Pembelajaran dengan pendekatan team based learning untuk mengembangkan kepemimpinan, kewirausahawan dan kerjasama mahasiswa.Integrasi hard dan soft skill. Soft skill didesain oleh :
Dr. Rhenald Kasali
Lead Education

Diploma
Siap adaptasi untuk bekerja memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan bekerja terpadu. Kurikulum berbasis kompetensi yang didesain oleh Lead Education. Link & mact dengan dunia industri(praktik kerja & penempatan lulusan), dan menggunakan sitem moduler, setiap tingkatan dimana dikeluarkan sertifikat D1, D2 dan ijazah D3 serta Dapat melanjutkan ke S1-Ekstensi.

S1 Ekstensi
Pembelajaran berbasis kasus dan problem solving, pengembangan kompetensi kerja sebagai manajer muda dan madya, waktu kisaran menjadi Sarjan 1,5 tahun, waktu perkuliahan: kuliah sore hari dan akhir pekan. Bahan kuliah sore disediakan secara online yang dapat diakses kapan dan dimana saja. Tesedia beasiswa, student loan dan biaya kuliah diangsur.

S1 Internasional
Pengembangan pendidikan harus terus dilakukan. Mulai 2005 ini STEKPI menyelenggarakan pendidikan S1 internasional dengan pengantar kuliah bahasa inggris. Tujuannya adalah agar mahasiswa bisa mendapatkan dual degree (dua gelar sekaligus) baik dari STEKPI maupun dari universitas luar negeri yang menjadi rekanan.Saat ini masih dapat dihitung dengan jari perguruan tinggi di Indonesia yang membuka kelas internasional seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada dan beberapa Universitas lainnya, dan STEKPI merupakan salah satu institusi yang berani membuka kelas internasional.Sebagai syarat dual degree, STEKPI sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti :
Stansfield University (Inggris)
Chicago Graduate School of Business (Amerika)
George Mason University (Amerika)
dan lain sebagainya. Nantinya mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih universitas mana yang menjadi pilihan mereka. Partner yang menjadi sasaran adalah Universitas-Universitas yang mempunyai dosen pemenang nobel ekonomi.Universitas-Universitas di Australia atau yang mempunyai kampus di Asia Tenggara juga menjadi pertimbangan. Sebagai gambaran, Stansfield University dan Chicago Graduate School of Business sudah mempunyai kampus di Singapura, sehingga mahasiswa yang bersangkutan cukup di Singapura dan tidak perlu ke negeri asal Universitas tersebut.Masa studi program ini adalah tiga tahun. Perkuliahan berlangsung secara interaktif dan melakukan ujian secara online. Mahasiswa program ini juga diwajibkan mengikuti kuliah di Universitas yang dipilihnya dalam periode waktu tertentu. Selain itu juga diadakan pertukaran mahasiswa dan dosen. Biaya yang ditawarkan pun cukup sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang diberikan.

Fasilitas Khusus:
Gratis komputer note book (khusus program internasional)
Hot spot, internet bebas dan ruang kuliah cyber
Olah raga: Golf, Ballroom Dance, Bowling, dll
Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi

Fasilitas


Kampus STEKPI berada di tengah kota dengan lingkungan yang kondusif, dibangun dengan arsitektur modern dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai "karya arsitektur terbaik dari Menteri Pekerjaan Umum dan Pengurus Ikatan Arsitek Indonesia, dibangun di atas tanah seluas 2,6 Ha, yang mencakup :

Ruang Kuliah dengan fasilitas modern

STEKPI telah melengkapi semua ruang perkuliahan dengan fasilitas modern seperti; LCD, Komputer, Jaringan (LAN/WAN), CCTV dan didukung oleh aplikasi-aplikasi akademik secara online seperti:
a. module online
b. bank soal
c. quitioner
d. netsupport
e. sms
f. Microsoft application packet
g. CD-Modul, CD-Rom dan Flash Disk
h. Overhead Projector
i. Audio System
j. AC
k. dll.
Semua kelengkapan ini sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan semua materi perkuliahan ataupun materi tambahan pendukung materi perkuliahan yang diberikan. Hal ini membuat ruang perkuliahan di STEKPI menjadi relatif paling lengkap di Indonesia

Informasi Kelas Dengan TV/Plasma Monitor

Informasi Kelas dan aktifitasnya, sperti: Jadwal kuliah, jadwal dan kehadiran dosen, rung kuliah, kegiatan perkuliahan yang tengah berlangsung dan informasi kelas lainnya dapat diikuti dan di lihat oleh mahsiswa melaluli sarana aplikasi online yang disajikan melaluli monitor TV/Plasma. Semua informasi ini dapat diases melalui internet dan sms.

Anjungan Inforamsi Mandiri

Kios / Anjungan Informasi dengan Touch Screen
Unit Anjungan Informasi dengan PC
Access Point Hot Spot Kios / anjungan informasi dan Hot Spot ini tersebar pada tempat-tempat strategis, yang mudah diakses oleh mahasiswa


Open Lab

STEKPI telah menetapkan kebijakan laboratorium komputer terbuka untuk mahasiswa (gratis) di luar jam penggunaan lab komputer untuk kegiatan perkuliahan dan registrasi akademik. Mahasiswa dapat menggunakan lab komputer untuk keperluan pendukung perkuliahan seperti pencarian tambahan materi pendukung materi perkuliahan melalui internet atau untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.STEKPI juga mmberikan fasilitas e-mail gratis (pemberian accaount e-mail) bagi mahasiswa dan beberapa pelatihan Informasi Teknologi. Dimana dengan menggunakan e-mail ini tugas kuliah akan diberikan melalui email begitu juga umpan balik dari dosen dan asistem dapat melalui email.

Layanan Admnistrasi Terpadu

STEKPI telah merubah tata ruang kerja karyawan yang memungkinkan memeberikan layanan administrasi terpadu kepada mahasiswa dan dosen. Layanan admnistrasi mahasiswa diintegrasikan di ruangan administrasi akademik yang dilengkapi dengan aplikasi akademik secara online.

Alamat

Jl. Kampus STEKPI No. 1 TMP - Kalibata, Jakarta Selatan

Phone : 6221-7981366 and Fax : 7981352

Sumber : www.stekpi.ac.id